Detail Cantuman

PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU, KEDISIPLINAN GURU DAN BUDAYA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada SMK Widya Dirgantara Bandung)

PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU, KEDISIPLINAN GURU DAN BUDAYA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada SMK Widya Dirgantara Bandung)


ABSTRAK


IDA ROSTIKA, Pengaruh Kepemimpinan Guru, Kedisiplinan Guru Dan Budaya Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada SMK Widya Dirgantara Bandung) (Di bawah bimbingan : GURAWAN DAYONA).

Era globalisasi menuntut kemajuan di segala bidang termasuk indikator pendukungnya harus dapat bekerjasama agar tercapainya tujuan organisasi dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan merupakan satu-satunya lembaga formal untuk menjawab semua tantangan yang terjadi. Upaya pemerintah dalam meningkatkan dan memfasilitasi dari sistem yang diberlakukan telah mengadakan berbagai kegiatan pendukung diantaranya, setiap guru bidang studi diadakan pelatihan, seminar, work shop. Melalui tenaga pendidik yang berkualitas dan professional diharapkan akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan kemajuan Negara Indonesia.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kepemimpinan guru, kedisiplinan guru dan budaya guru terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Widya Dirgantara yang berjumlah 739. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random Sampling, dengan menggunakan rumus Slovin dan didapat jumlah sampel sebesar 90 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan survey yaitu dengan menyebarkan kuesioner, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, analisis regresi linier ganda, koefisein determinasi serta pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 20.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kepemimpinan Guru SMK Widya Dirgantara masuk dalam katagori sangat baik, Kedisiplinan Guru masuk dalam katagori baik, Budaya Guru masuk dalam katagori sangat baik dan kinerja Guru berada dalam katagori sangat baik (2) kepemimpinan, Kedisiplinan dan budaya Guru secara simultan dan parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja Guru SMK Widya Dirgantara, yang ditunjukan dari analisis data bahwa F hitung > F tabel sebesar (93,234 > 2,71) dengan pengaruh sebesar 76,5 %, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 23,5 % yang tidak disebut dalam model ini.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kedisiplinani, budaya Guru , Kinerja Guru


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab IDA ROSTIKA
Pengarang ROSTIKA, IDA - Personal Name
Edisi
No. Panggil ETM2016026
Subyek Manajemen Sumber Daya Manusia
Klasifikasi 658.3
Judul Seri
GMD Text
Bahasa
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2016).PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU, KEDISIPLINAN GURU DAN BUDAYA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus pada SMK Widya Dirgantara Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd