Detail Cantuman

PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)


ABSTRAK
Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan akan berpengaruh terhadap Profitabilitas apabila dilakukan secara ekonomis, efisien, dan efektif atau memenuhi prinsip value for money serta partisipasi, transparansi, akuntabilitas, dan keadilan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada Perusahaan yang terdaftar di LQ 45 Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017, baik secara simultan maupun secara parsial. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan 23 perusahaan yang aktif selama periode 2013 – 2017 dan terdaftar di LQ 45 Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dengan Program SPSS 20. Metode yang digunakan adalah metode verifikatif, yaitu metode yang bertujuan untuk menguji secara matematis dugaan mengenai adanya hubungan antar variabel yang sedang diselidiki di dalam hipotesis. Atau dengan kata lain, penelitian untuk menguji kebenaran suatu hipotesis. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode dokumentasi (sampel jenuh), berdasarkan kriteria-kriteria yang telah diseleksi diperoleh 23 perusahaan sebagai sampel penelitian. Sumber data berasal dari Laporan Keuangan Perusahaan yang terdaftar di LQ 45 Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2017. Hasil penelitian ini membuktikan secara parsial bahwa Struktur Modal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Hal ini tergambar dalam hasil uji hipotesis, yaitu uji t dimana untuk Struktur Modal (DAR) probabilitas signifikansinya 0.001 jauh dibawah 0.05 dan dari hasil Uji Regresi Linier Berganda didapat koefisien regresi DAR sebesar 0.005 artinya jika variabel independen lainnya tetap dan DAR mengalami kenaikan 1% maka Profitabilitas akan mengalami kenaikan sebesar 0.005. Dengan kata lain, peningkatan Struktur Modal akan berpengaruh terhadap peningkatan Profitabilitas. Untuk Ukuran Perusahaan didapat hasil probabilitas signifikansinya 0.000 jauh diatas 0.05 sehingga Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Profitabilitas, dan dari hasil Uji Regresi Linier Berganda didapat koefisien regresi Ukuran Perusahaan sebesar 0.124 artinya jika variabel independen lainnya tetap dan Ukuran Perusahaan mengalami kenaikan 1% maka Profitabilitas akan mengalami kenaikan sebesar 0.124. Sehingga dapat dikatakan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Profitabilitas. Hasil uji F didapat probabilitas signifikansi 0.000 jauh dibawah 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan secara bersama- sama (simultan) berpengaruh terhadap Profitabilitas. Untuk nilai R2 (koefisien determinasi) adalah 0.510, hal ini berarti 51.00 % variasi Profitabilitas (ROA) dapat dijelaskan oleh variasi dari kedua variabel independen yaitu Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan, sedangkan sisanya 49.00% dijelaskan oleh sebabsebab lain di luar model.
Kata Kunci : Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab MEILIANI LUCKIETA
Pengarang LUCKIETA, MEILIANI - Personal Name
Edisi
No. Panggil ETM2018001
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik 62116004

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2018).PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd