PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DANMOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAPPRESTASI BELAJAR MAHASISWA STIE INABA
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE INABA yang masih aktif. Berbagai literatur menyatakan bahwa Prestasi Belajar mahasiswa sangatlah penting bagi kelanjutan karir mahasiswa setelah menyelesaikan studi.
Sedangkan yang mempengaruhi Prestasi Belajar adalah Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar mahasiswa itu sendiri . Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif STIE INABA. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode Stratified Random Sampling, dengan menggunakan rumus Slovin sehingga didapat 92 Responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa Kompetensi Dosen dengan nilai rerata 75% (Baik), Motivasi Belajar Mahasiswa dengan nilai rerata 76% (Baik), dan Prestasi Belajar Mahasiswa dengan nilai rerata 74% (Baik).
Hasil analisis jalur menunjukan bahwa Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar mahasiswa STIE INABA menunjukan angka sebesar 0.653 (65.3 %) sedangkan sisanya yaitu sebesar 0.347 (34.7%) dipengaruhi oleh faktor lain diluar cakupan penelitian yang dilakukan.
Kata Kunci : Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | PURWA EPENDI |
Pengarang | EPENDI, PURWA - Personal Name |
Edisi | |
No. Panggil | ETM2016013 |
Subyek | Manajemen Sumber Daya Manusia |
Klasifikasi | 658.3 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | |
Penerbit | STIE INABA |
Tahun Terbit | 2016 |
Tempat Terbit | BANDUNG |
Deskripsi Fisik | 21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
Citation