Detail Cantuman

Pengaruh Online Consumer Review dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada viewers Youtube Mineral Botanica pada channel Tasya Farasha)

Pengaruh Online Consumer Review dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada viewers Youtube Mineral Botanica pada channel Tasya Farasha)


SELGA LITA ADZANI, Pengaruh Online Consumer Review dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada viewers Youtube Mineral Botanica pada channel Tasya Farasha) (dibawah bimbingan: Riyandi Nur Sumawidjaya)
Youtube adalah media social yang mulai diperkenalkan pada tahun 2006 dalam bentuk situs video-sharing dan telah menjadi salah satu media social yang sering digunakan konsumen untuk mencari informasi tentang produk yang ingin mereka gunakan. Banyak konsumen yang memanfaatkan pengalaman penggunaan produk dari konsumen lain untuk membantu pembuatan keputusan pembelian. Melalui youtube pengalaman konsumen lain akan mudah dilihat dan dimengerti karena diunggah dalam bentuk video yang membuat pembagian pengalaman ini dirasa semakin jelas. Hal tersbut karena konsumen dapat melihat dan mendengar
dalam waktu yang bersamaan dari pengalaman konsumen lain, tidak hanya sekedar membaca tulisan saja seperrti halnya yang dilakukan melalui blog. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan dan dokumentasi yang diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap viewers Youtube Mineral Botanica pada channel Tasya Farasha. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh data sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisiensi korelasi, analisis koefisiensi determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk Online Consumer Review ratarata 78,24% kategori baik, untuk Citra Merk rata-rata 80,68% kategori baik, sedangkan untuk Keputusan Pembelian rata-rata sebesar 78,56% kategori baik. Adapun hasil penelitian pengaruh variabel secara parsial menunjukkan : (1) Online Consumer Review memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Karena nilai thitung > ttabel yaitu (2,945 > 1,984) dan signifikansi 0,004 < 0,05, (2) Citra Merek memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Karena nilai thitung > ttabel yaitu (3,813 > 1,984), dengan signifikansi 0,00 < 0,05. Pengaruh Online Consumer Review dan Citra Merek berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan Fhitung > Ftabel (12,992 > 3,09) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil koefisien determinasi sebesar 21,1% yang menunjukkan arti bahwa Online Consumer Review dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian memberikan pengaruh simultan (bersama-sama) sebesar 21,1% terhadap Keputusan Pembelian sedangkan sisanya sebesar 62% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Online Consumer Review, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Selga Lita Adzani - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2020058
Subyek Manajemen Pemasaran
Klasifikasi 658 8
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA BANDUNG
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik File PDF
Info Detil Spesifik


Citation

. (2020).Pengaruh Online Consumer Review dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada viewers Youtube Mineral Botanica pada channel Tasya Farasha).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd