Detail Cantuman

Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Situs Jual Beli Online OLX)

Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Situs Jual Beli Online OLX)


SITI JELITA DEWI, Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Situs Jual Beli Online OLX) (dibawah bimbingan: Dr. Riyandi Nur Sumawidjaya, S.E.,M.M)
Penurunan peringkat OLX kemungkinan di pengaruhi oleh faktor promosi penjualan. Promosi penjualan menurut Machfoedz (2010) adalah suatu aktivitas dan/atau materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penualan/produsen, yang dapat mengkomunikaikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. (dalam Rumyeni & Lubis 2015: 48). Promosi penjualan adalah bentuk persuasi langsung melalui berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yamg dibeli pelanggan. Promosi penjualan sebagai salah satu variable bauran pemasaran mempunyai peranan penting dalam menyampaikan informasi mengenai produk perusahaan kepada konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan dan dokumentasi yang diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap Situs Jual Beli Online OLX. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh data sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisiensi korelasi, analisis koefisiensi determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk Harga rata-rata 79,70% kategori baik, untuk Promosi Penjualan rata-rata 80,04% kategori baik, sedangkan untuk Keputusan Pembelian rata-rata sebesar 77,65% kategori baik. Adapun hasil penelitian pengaruh variabel secara parsial menunjukkan : (1) Harga memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Karena nilai thitung > ttabel yaitu (3,526 > 1,984) dan signifikansi 0,001 < 0,05, (2) Promosi Penjualan memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Karena nilai thitung > ttabel yaitu (2,193 > 1,984), dengan signifikansi 0,03 < 0,05. Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan Fhitung > Ftabel (14,918 > 3,09) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil koefisien determinasi sebesar 23,5% yang menunjukkan arti bahwa Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian memberikan pengaruh simultan (bersama-sama) sebesar 23,5% terhadap Keputusan Pembelian sedangkan sisanya sebesar 76,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Harga, Promosi Penjualan, dan Keputusan Pembelian


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Siti Jelita Dewi - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2020031
Subyek Manajemen Pemasaran
Klasifikasi 658 8
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA BANDUNG
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik File PDF
Info Detil Spesifik


Citation

. (2020).Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Situs Jual Beli Online OLX).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd