Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Hasil Penjualan terhadap Laba Bersih pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2017
WIRANTI SRI WAHYUNI, Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Hasil Penjualan terhadap Laba Bersih pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2017 (Dibawah bimbingan: Muhammad Iqbal Alamsyah)
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 – 2017. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Hasil Penjualan terhadap Laba Bersih. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 18 Perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 9 Perusahaan yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling, pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, serta pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji korelasi ganda. Pengolahan data menggunakan program IBM SPSS 24.0. Secara parsial diperoleh hasil bahwa biaya produksi berpengaruh negatif signifikan terhadap laba bersih dimana (-2,756) > ttabel (-1,677). Biaya promosi berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih dimana thitung (8,864) > ttabel (1,677) artinya H0 ditolak. Hasil penjualan tidak berpengaruh terhadap laba bersih dimana thitung (1,294) < ttabel (1,677). Sedangkan hasil penelitian pada uji secara simultan yang dilakukan pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 – 2017, diperoleh hasil pengujian hipotesis secara simultan bahwa nilai Fhitung (102,99) > Ftabel (2,74) maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa biaya produksi, biaya promosi dan hasil penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba bersih dengan hasil koefisiensi determinasi sebesar 82%.
Kata kunci : Biaya Produksi, Biaya Promosi, Hasil Penjualan dan Laba Bersih
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Wiranti Sri Wahyuni - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESA2019087 |
Subyek |
Akuntansi Manajemen
|
Klasifikasi |
658 151 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA BANDUNG |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2019).Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Hasil Penjualan terhadap Laba Bersih pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd