Detail Cantuman

Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang di pisahkan terhadap Belanja Daerah pada Provinsi Jawa Barat periode 2011-2017

Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang di pisahkan terhadap Belanja Daerah pada Provinsi Jawa Barat periode 2011-2017


FUJI SRI ULINA, Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan Terhadap Belanja Daerah pada Provinsi Jawa Barat Dibawah bimbingan : (Wajib Ginting, SE., MBA., MM., MOS., Ak., CA.)
Belanja daerah adalah semua pengeluaran Pemerintah Daerah pada suatu periode Anggaran.Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah terdiri tiga komponen utama, yaitu unsure penerimaan, belanja rutin dan belanja pembangunan. ketiga komponen itu meskipun disusun hampir secara bersamaan, akan tetapi proses penyusunanya berada di lembaga yang berbeda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripif verifikatif dengan pendekatan kuantitaif. Data yang digunakan adalah data sekunder, pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan penelitian kepustakaan pada daerah kota/kabupaten di provinsi Jawa Barat periode 2011- 2017 dengan populasi 27 daerah kota/kabupaten. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 10 daerah kota/kabupaten yang ditentukan menggunakan nonprobability sampling. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: analisis dekriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedatisitas, uji autokorelasi, uji analisis regresi berganda, uji analisis korelasi, uji koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F).
Berdasarkan hasil penelitian pad uji t, diperoleh bahwa penerimaan pajak daerah berpengaruh positif terhadap belanja daerah dimana thitung > ttabel yaitu sebesar 3,591 > 1,996. Retribusi daerah memiliki pengaruh negative terhadap belanja daerah dimana thitung > ttabel yaitu sebesar -3,025 > 1,996. Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan berpengaruh negative terhadap belanja daerah dimana thitung > ttabel yaitu sebesar -2,195 > 1,996.
Berdasarkan hasil penelitian uji F, diperoleh hasil bahwa Secara besamasama penerimaan pajak daerah, retribusi daerah dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah. Dan hasil uji determinasi menunjukkan persentase pengaruh ke tiga variabel adalah sebesar 99%.

Kata Kunci : Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, Belanja Daerah


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Fuji Sri Ulina - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2018089
Subyek Akuntansi Biaya
Klasifikasi 657.46
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi Biaya

Citation

. (2018).Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang di pisahkan terhadap Belanja Daerah pada Provinsi Jawa Barat periode 2011-2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd