Detail Cantuman

Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Di Perusahaan Umum “DAMRI’ Cabang Bandung

Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Di Perusahaan Umum “DAMRI’ Cabang Bandung


RINI YULIANINGSIH, Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Umum DAMRI Bandung (Di bawah bimbingan: Deni Hamdani)
BUMN merupakan salah satu pelaku ekonomi dengan tujuan mempersiapkan persaingan global dan diharapkan meningkatkan efisiensinya sebagai unit usaha yang sehat.Tantangan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis pun semakin beragam, mulai dari munculnya perusahaan-perusahaan pesaing, perusahaan-perusahaan asing serta semakin maraknya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) serta berbagai kecurangan yang dapat membahayakan aset perusahaan. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan perannya dalam perkembangan perekonomian global, BUMN perlu menumbuhkan budaya korporasi dan profesionalisme. antara lain dengan membenahi pengelolaan dan pengawasan berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola badan usaha yang baik (Good Corporate Governance).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dan penyebaran kuisioner kepada 35 responden. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling Method. Untuk mengukur besarnya pengaruh kedua variabel digunakan Analisis Regresi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi dan Analisis Koefisien Korelasi Rank Spearmen serta pengujian hipotesis. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Good Corporate Governance berada pada kategori sangat baik dengan persentase skor aktual sebesar 80,16%. (2) kinerja Keuangan tertinggi pada tahun 2015 dengan Return on Assets sebesar 0,09% dan Return on Equity sebesar 0,11%. Sedangkan tingkat kinerja keuangan terendah pada tahun 2014 dengan Return on Assets -
0,925 dan Return on Equity -1,36%. (3) Good Corporate Governance berpengaruh secara tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Umum DAMRI Cabang Bandung dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 28,5%, sedangkan sisanya sebesar 71,5% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Pengaruh implementasi Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rini Yulianingsih - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2017104
Subyek Akuntansi Keuangan
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi Keuangan

Citation

. (2017).Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Di Perusahaan Umum “DAMRI’ Cabang Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd