Detail Cantuman

Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2018)

Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2018)


MIRA LISDIANTI, Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2018) (di bawah bimbingan: Hj. Elly Rusmalia Husen.)
Industri perbankan mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan perekonomian suatu negara, salah satunya untuk menjaga kestabilan moneter yang di sebabkan atas kebijakannya terhadap simpanan masyarakat sebagai lalu lintas pembayaran. Return On Asset (ROA) pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa periode 2010-2018 mengalami fluktuasi dengan kecenderungan menurun dan memiliki nilai rata-rata di bawah 1,5% terkategori kurang sehat. Faktor yang mempengaruhi Return On Asset (ROA) menurun yaitu Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) yang meningkat dan Loan to Deposit Ratio (LDR) yang meningkat.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Jenis data sekunder dan teknik pengumpulan data didapat melalui dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2018 dan sampel penelitian sebanyak 12 bank dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan: analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan.
Hasil penelitian pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2018 menunjukkan bahwa: (1) Return On Asset (ROA) cenderung menurun, dengan rata-rata 0,49 %. (2) Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) cenderung meningkat, dengan rata-rata 95,96 % (3) Loan to Deposit Ratio (LDR) cenderung meningkat, dengan rata-rata 80,87%. (4) Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). (5) Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). (6) Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) secara bersama-sama (simultan) terdapat pengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2018.

Kata Kunci : Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Return On Asset (ROA).


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Mira Lisdianti - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2020016
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2020).Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2018).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd