Detail Cantuman

Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2018

Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2018


DEDY SUHEIMY, Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2018 (Di bawah Bimbingan: Hj. Erna Herlinawati).
Investasi saham di Indonesia tidak sepopuler di negara-negara lainnya khususnya negara barat. Namun, dalam lima tahun terakhir ini pasar saham di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, terbukti dengan bertambahnya emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perkembangan perekonomian suatu negara sangat ditentukan oleh kondisi perbankan di negara tersebut. Semua indikator utama perbankan menunjukkan kemerosotan yang cukup signifikan. Kondisi ini secara berangsur-angsur memang pulih dan kondisi perbankan saat ini bisa dikatakan sudah cukup baik, namun setelah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return On Asset (ROA), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) secara parsial terhadap Harga saham.
Metode penilitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif, sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, tetapi sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham, dimana Capital Adequacy Ratio (CAR) digunakan untuk mengukur kesehatan suatu bank berdasarkan Modal. Non Performing Loan (NPL) secara parsial berpengaruh, dimana Non Performing Loan (NPL) digunakan untuk mengukur kesehatan kualitas kredit. Return On Asset (ROA) secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham, dimana ROA digunakan untuk mengukur kesehatan suatu bank berdasarkan Rentabilitas. Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) secara parsial berpengaruh terhadap harga saham, dimana BOPO digunakan untuk mengukur kesehatan suatu bank berdasarkan Rentabilitas. Loan to Deposit Ratio (LDR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham, LDR digunakan untuk mengukur kesehatan suatu bank berdasarkan Likuiditas. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) , Return On Asset (ROA), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham ditunjukkan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000.

Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return On Asset (ROA), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR).


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Dedy Suheimy - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2020014
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit STIE INABA
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2020).Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2018.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd