Detail Cantuman

Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pemungut Pajak, Sanksi Pajak, dan Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar PBB Perkotaan dan Pedesaan di Desa Buninagara Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung

Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pemungut Pajak, Sanksi Pajak, dan Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar PBB Perkotaan dan Pedesaan di Desa Buninagara Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung


Nilam Sari, Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pemungut Pajak, Sanksi Pajak, dan Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar PBB Perkotaan dan Pedesaan di Desa Buninagara Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung (Dibawah bimbingan Kasir, S.E., M.Ak., CA)
Pemerintah Indonesia dari tahun ketahun semakin banyak melakukan pembangunan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sumber pembiayaan negara untuk mewujudkan tujuan tersebut salah satunya berasal dari penerimaan pajak. Salah satu jenis pajak yang berpotensi adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Cara yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan penerimaan PBB adalah dengan meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pemungut Pajak, Sanksi Pajak, dan Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar PBB Perkotaan dan Pedesaan di Desa Buninagara Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data primer dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden dengan teknik Probability Sampling menggunakan perhitungan rumus slovin. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan analisis deskriptif, Uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan pengujian hipotesis baik secara parsial (t test) maupun simultan (F test). Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 24.0.
Berdasarkan Hasil uji parsial (t test) menunjukan kualitas pelayanan petugas pemungut pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dimana nilai t-hitung -1,572 lebih kecil dari t-tabel 1,984. Sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dimana nilai t-hitung 13,949 lebih besar dari t-tabel 1,984. Sosialisasi pajak tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak nilai t-hitung 1,655 lebih kecil dari t-tabel 1,984.
Berdasarkan Hasil uji Simultam (f test) hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Petugas Pemungut Pajak, Sanksi Pajak, dan Sosialisasi Pajak secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji f dimana nilai f-hitung 110,102 lebih besar f-tabel 2,47 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil 0,05 serta hasil uji koefisien determinasi mengenai besarnya perubahan kepatuhan wajib pajak (Y) yang dipengaruhi variabel independen (X1, X2 dan X3) yaitu sebesar 77,5% dan sisanya 22,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian seperti cara atau gaya kepemimpinan kepala desa dalam mengarahkan petugas pemungut melaksanakan pemungutan pajak, motivasi wajib pajak untuk membayar PBB dan lain sebagainya.

Kata Kunci : Pajak, Kualitas Pelayanan Petugas Pemungut Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nilam Sari - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESA2020003
Subyek Akuntansi Pajak
Klasifikasi 657.46
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Akuntansi Pajak

Citation

. (2020).Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pemungut Pajak, Sanksi Pajak, dan Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar PBB Perkotaan dan Pedesaan di Desa Buninagara Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd