Detail Cantuman

Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Sinarmas, Tbk. Periode 2011- 2018

Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Sinarmas, Tbk. Periode 2011- 2018


GH SETIOWATI, Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Sinarmas, Tbk. Periode 2011- 2018 (dibawah bimbingan : Dra. Hj. Lenny Komala Dewi, S.E., M.Si.).
Penyaluran kredit merupakan sumber pendapatan terbesar pada Bank. Hal tersebut menunjukkan bahwa penyaluran kredit memiliki pernanan penting dalam meningkatkan profitabilitas yang diperoleh Bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR)
yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Sinarmas, Tbk.
Penelitian ini juga mencoba untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Sinarmas, Tbk.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Pendekatan ini digunakan dalam menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang sudah terkumpul dalam bentuk tabel. Selain itu, penelitian ini juga melakukan pengujian hipotesis yang dibuat dengan menggunakan suatu perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS. Data yang digunakan adalah data sekunder. Diketahui untuk masing-masing nilai variabel CAR, BOPO, LDR, dan ROA berdasarkan penelitian deskriptif, yaitu (1) CAR memiliki nilai standar deviasi sebesar 0,02560 dan nilai rata-rata sebesar 17,38%, (2) BOPO memiliki nilai standar deviasi sebesar 0,04734 dan memiliki nilai rata-rata sebesar 90,88%, (3) LDR memiliki nilai standar deviasi sebesar 0,04528 dan nilai rata-rata sebesar 79,25%, dan (4) ROA memiliki nilai standar deviasi sebesar 0,00707 dan nilai rata-rata sebesar 1,25%. Dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel CAR, BOPO, LDR, dan ROA tidak terdapat data outlier atau penyimpangan data tergolong kecil dikarenakan untuk masing-masing nilai variabel CAR, BOPO, LDR, dan ROA, nilai standar deviasinya masih dibawah nilai rata-rata (mean).
Dari hasil uji regresi secara parsial, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa CAR tidak berpengaruh terhadap ROA karena memiliki nilai thitung > ttabel, yaitu 0,417 > 0,05, BOPO berpengaruh terhadap ROA karena memiliki nilai thitung < ttabel, yaitu 0,003 < 0,05, dan LDR tidak berpengaruh terhadap ROA karena memiliki nilai thitung > ttabel, yaitu 0,558 > 0,05. Sedangkan hasil uji regresi secara simultan menunjukkan hasil Fhitung < Ftabel sehingga CAR, BOPO, dan ROA secara bersama-sama berpengaruh terhadap ROA.

Keywords : Capital Adequacy Ratio, Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Loan to Deposit Ratio, Return On Asset.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang GH Setiowati - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2019100
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2019).Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Sinarmas, Tbk. Periode 2011- 2018.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd