Detail Cantuman

Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk Periode 2010-2017

Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk Periode 2010-2017


NUNI WIRANTI PUTRI, Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk Periode 2010-2017 (dibawah bimbingan : Hj. Elly Rusmalia)
Maksimalisasi nilai perusahaan dapat dicapai melalui kemampuan perusahaan dalam menjaga keseimbangan antara likuiditas, solvabilitas, ativitas dan profitabilitas. Menghitung return on assets pada rasio profitabilitas karena dapat memberikan ukuran yang baik atas profitabilitas perusahaan, sehingga menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva untuk memperoleh laba.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh rasio likuiditas (current ratio), solvabilitas (debt to assets ratio), dan aktivitas (total asset turn over) terhadap profitabilitas (return on assets) pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk periode 2010-2017.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode verifikatif. Dengan jenis data sekunder dan teknik pengumpulan data di dapat melalui studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah current ratio, debt to assets ratio, dan total asset turn over menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata return on assets sebesar 11,39% dengan nilai tertinggi pada tahun 2016 sebesar 16,74% dan terendah 4,65% pada tahun 2011. (2) Nilai rata-rata current ratio sebesar 301,69% dengan nilai tertinggi sebesar 484,36% tahun 2016, dan terrendah tahun 2011 sebesar 152,09%. (3) Nilai rata-rata debt to assets ratio sebesar 26,26%. (4) Nilai rata-rata total asset turn over adala 1,12 kali. (5) Rasio likuiditas (current ratio) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (return on assets) sebesar 53%. (6) Rasio solvabilitas (debt to assets ratio) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (return on assets) sebesar 61%. (7) Rasio aktivitas (total asset turn over) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (return on assets) sebesar 15%. (8) Rasio likuiditas (current ratio), solvabilitas (debt to assets ratio), dan aktivitas (total asset turn over) secara simultan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap rasio profitabilitas (return on assets) PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk Periode 2010-2017.

Kata Kunci : Rasio likuiditas (current ratio), solvabilitas (debt to assets ratio), dan aktivitas (total asset turn over), dan profitabilitas (return on assets)


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nuni Wiranti - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2018132
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2018).Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk Periode 2010-2017.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd