Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Kosumen Produk Keramik Arwana Pada PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk Cabang Bandung
YAYAN WARDIANA, Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Keramik Arwana Pada PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, Cabang Bandung. (Di bawah bimbingan : Hj. Elly Rusmalia)
Inovasi produk dan harga adalah bentuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, Cabang Bandung khususnya untuk produk keramik Arwana. Dimana strategi ini dilakukan untuk menyikapi dan merangkul kembali kesetiaan konsumen yang pernah turun di tahun 2014. Ini terlepas akibat dari kebijakan pemerintah melakukan perlambatan ekonomi dan tentunya kondisi persaingan bisnis saat ini yang begitu ketat. Dengan inovasi produk yang berkesinambungan dan harga yang terjangkau, diharapkan membuat para konsumen melakukan pembelian ulang dan terciptanya kembali loyalitas konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh inovasi produk dan harga terhadap loyalitas konsumen baik secara simultan maupun parsial.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini dengan penyebaran kuesioner yang melibatkan 41 orang responden konsumen pada PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, Cabang Bandung dan studi kepustakaan. Skala pengukurannya dengan skala ordinal. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa : (1) Inovasi produk pada keramik Arwana termasuk kategori baik dengan skor 913. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi produk keramik Arwana sudah memuaskan konsumennya. (2) Harga pada produk keramik Arwana termasuk kategori baik
dengan skor 941. Hal ini menunjukkan bahwa harga setiap produk keramik Arwana cukup kompetitif dan terjangkau. (3) Loyalitas konsumen produk keramik Arwana pada PT Catur Sentosa Adiprana Tbk Cabang Bandung termasuk kategori baik dengan skor 677. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas konsumen terhadap produk keramik Arwana adalah baik. (4) Pengaruh Inovasi Produk (X1) terhadap Loyalitas Konsumen (Y) adalah sebesar 98,6% sedangkan sisanya sebesar 1,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bawah inovasi produk berperan penting dalam menentukan loyalitas konsumen. (5) Pengaruh Harga (X2) terhadap Loyalitas Konsumen (Y) adalah sebesar 94,6% sedangkan sisanya sebesar 5,4% dipengaruhi faktor lain. (6) Pengaruh Inovasi Produk (X1) dan harga (X2) terhadap Loyalitas Konsumen(Y) adalah sebesar 97.2% sedangkan sisanya 2.8% dipengaruhi faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa Inovasi Produk dan harga berperan penting terhadap Loyalitas Konsumen.
Kunci: Inovasi Produk, Harga, Loyalitas Konsumen
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Yayan Wardiana - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESM2016029 |
Subyek |
Manajemen Pemasaran
|
Klasifikasi |
658.81 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2016 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2016).Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Kosumen Produk Keramik Arwana Pada PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk Cabang Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd