Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Pos Indonesia (Persero) Pusat Bandung
DEWI PURWANTI SARI, Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Pos Indonesia (persero) Pusat Bandung (Dibawah bimbingan : H. Gurawan Dayona).
Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal. Ketika seorang meraasakan kepuasan dalam
bekerja tentunya ia akan berupaya semaksimal mungkin dengan segenap kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan tugas pekerjaannya. Untuk
memperoleh kepuasan kerja yang optimal pada seorang individu maka perlu dibutuhkannya suatu bentuk dukungan sosial baik itu berasal dari keluarga
(pasangan hidup), rekan kerja, dan atasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif survey. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan
dengan melalui pengamatan dilapangan, wawancaradan penyebaran kuesioner kepada 42 responden. Pengambilan sampel menggunakan Simple random
sampling. Untuk mengukur besarnya pengaruh ketiga variabel digunakan Analisis uji aumsi klasik dan koefisien determinasi serta pengujian hipotesis.
Hasil penelitian dan pembahasn serta kesimpulan sebagai berikut : Kepemimpinan PT. Pos Indonesia (persero) Pusat Bandung menyatakan dengan sangat setuju dengan nilai skor 2.494. Begitu juga dengan tanggapan tentang budaya organisasi menyatakan dengan sangat setuju dengan skor 1.803. Sedangkan tanggapan tentang kepuasan kerja menyatakan dengan sangat tidak setuju dengan skor 897. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Pos Indonesia (persero) Pusat Bandung. Penelitian ini untuk menguji faktor yang memiliki pengaruh kepuasan kerja karyawan, yaitu kepemimpinan dan budaya organisasi. Pertanyaan peneliti yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan, dan (2) pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT Pos (persero) Pusat Bandung. Sebanyak 42 karyawan terpilih sebagai responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dari jumlah populasi 700 karyawan.
Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan
bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, seluruh hipotesis dalam penelitian ini telah terbukti secara signifikan. Kedua, variabel
kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Ketiga, variabel kepemimpinan mempunyai pengaruh
lebih besar terhadap kepuasan kerja karyawan dibandingakan dengan variabel budaya organisasi.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja Karyawan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Dewi Purwanti Sari - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESM2016025 |
Subyek |
Manajemen Sumber Daya Manusia
|
Klasifikasi |
658.3 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2016 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2016).Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Pos Indonesia (Persero) Pusat Bandung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd