Detail Cantuman

Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Sebelum dan Setelah Melakukan Merger serta Pengaruhnya terhadap Cash Flow (Studi pada PT Bank OCBC Tbk.)

Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Sebelum dan Setelah Melakukan Merger serta Pengaruhnya terhadap Cash Flow (Studi pada PT Bank OCBC Tbk.)


IDA LAELA, Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Sebelum dan Setelah Melakukan Merger Serta Pengaruhnya terhadap Cash Flow (Studi pada PT Bank OCBC NISP Tbk.). (Dibawah bimbingan Dra.Hj.M.A.Hamda Roni,M.Si).
PT Bank OCBC NISP Tbk. adalah salah satu bank swasta di Indonesia yang didirikan pada tanggal 4 April 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch-indische Spaar en Deposito. Semenjak 16 Oktober 2008, Bank NISP resmi berganti nama dan logo menjadi Bank OCBC NISP. Nama perusahaan juga turut diubah dari PT Bank NISP Tbk. menjadi PT Bank OCBC NISP Tbk. Pada tanggal 1 Januari 2011, PT Bank OCBC NISP Tbk dan PT Bank OCBC Indonesia secara resmi mengumumkan penggabungan usaha (merger) untuk memenuhi peraturan pemilik tunggal dari Bank Indonesia dan dengan demikian PT Bank OCBC Indonesia dibubarkan tanpa melalui likuidasi terlebih dahulu. PT Bank OCBC NISP Tbk. sebagai perusahaan perbankan yang melakukan Merger dan sudah lama beroperasi mengharapkan kinerja keuangan perusahaan tersebut akan terus membaik bahkan meningkat. Namun pada kenyataanya Rasio likuiditas perusahaan dilihat dari cash ratio mengalami fluktuasi dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2013, namun pada tahun 2014 mengalami penurunan dan untuk loans to asset ratio (LAR) mengalami fluktuasi. Dilihat dari rasio rentabilitas yaitu return on equity (ROE) dan return on asset (ROA) mengalami fluktuasi. Untuk rasio solvabilitas yaitu debt to equity ratio (DER) dan capital adequacy ratio (CAR) mengalami fluktuasi, namun pada tahun terakhir cenderung mengalami penurunan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, metode komparatif dan metode asosiatif.
Hasil penelitain dan pembahasan diperoleh : (1) Kinerja keungan PT Bank OCBC NISP Tbk. sebelum melakukan merger menunjukan kinerja keuangan (cash ratio dan CAR) yang masih terhitung kurang baik. (2) Kinerja keuangan PT Bank OCBC NISP Tbk. setelah melakukan merger menunjukan kinerja keuangan yang terhitung baik, akan tetapi perubahan tersebut tidak terlalu signifikan terutama untuk rasio CAR. (3) Perkembangan cash flow pada PT Bank OCBC NISP Tbk. setelah melakukan merger cenderung fluktuatif dari tahun ke tahun. (4) Perbedaan kinerja keuangan sebelum dan setelah melakukan merger diketahui dari perhitungan komparatif t-test cash ratio adalah -3.137, LAR -2,717, ROE 1,230, ROA -1,311 dan CAR -3,871. Nilai tersebut lebih rendah dari t-table sehingga dapat disimpulan bahwa kinerja keuangan PT Bank OCBC NISP Tbk. tidak mengalami perubahan signifikan setelah perusahaan melakukan merger. Sedangkan untuk DER 1.893. Nilai tersebut lebih tinggi dari t-table sehingga dapat disimpulan bahwa kinerja keuangan PT Bank OCBC NISP Tbk. mengalami perubahan signifikan setelah perusahaan melakukan merger. (5) Pengaruh secara parsial dan simultan sama-sama menunjukan bahwa tidak ada pengaruh kinerja keuangan setelah melakukan merger terhadap cash flow.
Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Merger, Cash Flow.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ida Laela - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2016024
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2016).Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Sebelum dan Setelah Melakukan Merger serta Pengaruhnya terhadap Cash Flow (Studi pada PT Bank OCBC Tbk.).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd