Detail Cantuman

nalisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Telah Melakukan Merger (Studi pada PT Bank CIMB Niaga Tbk. dan PT Bank OCBC Nips Tbk.)

nalisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Telah Melakukan Merger (Studi pada PT Bank CIMB Niaga Tbk. dan PT Bank OCBC Nips Tbk.)


WESTI NURGIANTI, Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Telah Melakukan Merger (Studi pada PT Bank CIMB Niaga Tbk. dan PT Bank OCBC Nips Tbk.) (Di bawah bimbingan : H. Ismi Iswandi, Drs, M.Si).
Industri perbankan saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Banyaknya pendirian Bank baru mengakibatkan jumlah pertumbuhan industri perbankan meningkat secara signifikan tetapi peningkatan jumlah industri perbankan ini tidak diiringi dengan peningkatan kualitas sehingga kinerja keuangan perbankan masih relatif rendah. Bank CIMB Niaga dan Bank OCBC Nisp merupakan perusahaan perbankan yang telah melakukan merger. Alasan kedua Bank ini melakukan merger adalah demi kepentingan para stakeholder dan menciptakan sebuah Bank yang lebih baik dan bersaing serta tumbuh di tengah makin ketatnya persaingan sektor perBankan Indonesia. Namun berbeda dengan Bank CIMB Niaga dan Bank OCBC Nisp dimana kedua Bank ini setelah melakukan merger kinerja keuangan pada periode tahun 2011-2014 masih ada yang menurun.
Penulis bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan kinerja keuangan Bank CIMB Niaga Tbk. dan Bank OCBC Nisp Tbk. yang telah melakukan merger. Metode deskriptif dan komparatif merupakan metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder dan teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan internet yang berupa laporan keuangan Bank CIMB Niaga dan Bank OCBC Nisp periode setelah merger yaitu tahun 2011-2014.
Hasil Penelitian dan pembahasan serta kesimpulan adalah sebagai berikut : (1) Kinerja keuangan Bank CIMB Niaga dan Bank OCBC Nisp setelah merger
menunjukan kinerja keuangan (CR, LAR, CAR, DER, NPM dan ROE) masih terhitung rendah. (2) Perkembangan Kinerja keuangan Bank CIMB Niaga dan Bank OCBC Nisp setelah merger menunjukan perkembangan kinerja keuangan (CR, LAR, CAR, DER, NPM dan ROE) berfluktuatif. (3) Perbedaan kinerja keuangan antara Bank CIMB Niaga dan Bank OCBC Nisp diketahui dari perhitungan komparatif t hitung CR adalah sebesar 4,903 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 dan LAR sebesar 3,323 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,016. Nilai tersebut lebih kecil dari tingkat signifikansi atau α 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat CR dan LAR antara Bank CIMB Niaga dengan Bank OCBC Nisp setelah merger. Sedangkan perhitungan komparatif t hitung CAR, DER, NPM, dan ROE menunjukan bahwa t hitung CAR adalah sebesar -0,988 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,361, DER sebesar 0,664 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,531, NPM sebesar 0,399 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,704, dan ROE sebesar 2,119 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,078. Nilai tersebut lebih besar dari tingkat signifikansi atau α 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat CAR, DER, NPM, dan ROE antara Bank CIMB Niaga dengan Bank OCBC Nisp setelah merger.
Kata kunci : Kinerja keuangan, Rasio keuangan, Merger


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Westi Nurgianti - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2016005
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2016).nalisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Telah Melakukan Merger (Studi pada PT Bank CIMB Niaga Tbk. dan PT Bank OCBC Nips Tbk.).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd