Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Purinusa Eka Persada
VERA, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Purinusa Eka Persada Bandung (Dibawah bimbingan Hj.Elly Rusmalia Husen).
Sesuai dengan fungsinya perusahan PT Purinusa Eka Persada sebagai pemasar yang melayani masyarakat dalam hal ini adalah konsumen, maka di tuntut untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen melalui Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan. Sehingga jika keputusan pembelian sesuai dengan target perusahaan maka diharapkan perusahaan akan dapat hidup dan berlangsung dengan mendapatkan laba dalam jangka panjang.
Tujuan penelitian mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen secara simultan dan parsial.
Metode yang digunakan deskriptif dan verifikatif, jenis data yang digunakan primer dan sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang berjumlah 37 responden .Terhadap data hasil penelitian dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, perhitungan korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis secara simultan dan parsial.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Produk termasuk kategori sangat baik dengan skor 1346. Skor tertinggi diperoleh dari pernyataan tentang kualitas produk dalam hal daya kompresi dan kesesuaian finishing sesuai standar dengan skor 177, sedangkan skor terendah diperoleh dari penyataan hasil cetakan carton box dinilai kurang baik menurut konsumen dengan skor 94. (2) Kualitas Pelayanan termasuk kategori baik dengan skor 1529. Skor tertinggi 177 diperoleh dari pernyataan performance jasa ekspedisi dan pelayanan dokumentasi dan administrasi, sedangkan skor terendah 94 diperoleh dari penyataan performance pelayanan staf penjualan, design dan proof print. (3) Keputusan Pembelian termasuk kategori sangat baik dengan skor 1123. Skor tertinggi 177 diperoleh dari pernyataan produk mudah didapat dan sesuai kebutuhan, sedangkan skor terendah 134 diperoleh dari penyataan melakukan pembelian karena merek produk. (4) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen 86,6 % sisanya 23,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen 93,1% sisanya 6,9% dipengaruhi faktor yang tidak diteliti. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (6) Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sebesar 94,3%. Sisanya 5,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Vera - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESM2016001 |
Subyek |
Manajemen Pemasaran
|
Klasifikasi |
658.81 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2016 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2016).Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Purinusa Eka Persada.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd