Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan Produk Honda Pada PT Autobest Bandung
SYAIFUL, Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan Produk Honda Pada PT Autobest Bandung (Dibawah bimbingan : Harmon Djusar).
PT Autobest Bandung adalah dealer mobil Honda yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No. 517, Bandung Jawa Barat. Selain melayani penjualan mobil PT Nusantara Jaya Sentosa Bandung juga melayani service untuk kendaraan Honda. Kegiatan promosi penjualan yang selama ini dilakukan berupa iklan media
cetak (advertising) dan promosi penjualan (sales promotion). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif, dimana pemecahan masalah dilakukan dengan cara menggambarkan kondisi atau keadaan yang terjadi di PT Autobest Bandung, yakni mengenai biaya promosi sebagai variabel bebas (x) dan hasil penjualan sebagai variabel terikat (y). Untuk mengetahui perkembangan variabel x dan y dilakukan analisis dengan menggunakan rumus indeks sederhana. Kemudian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel x terhadap variabel y dilakukan analisis Regresi Linier Sederhana, Korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinasi dan Uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama: Biaya promosi pada PT Autobest Bandung mengalami kenaikan dan penurunan tiap bulannya. Kenaikan paling tinggi terjadi pada bulan Oktober 2014 yaitu sebesar 426,72%. Sedangkan penurunan terbesar terjadi pada bulan Februari 2013 yaitu sebesar -62,67%. Kedua: Hasil penjualan pada PT Autobest Bandung mengalami kenaikan dan penurunan tiap bulannya. Kenaikan paling tinggi terjadi pada bulan Desember 2013 yaitu sebesar 101,94%. Sedangkan penurunan terbesar terjadi pada bulan Januari 2014 yaitu sebesar -63,62%. Akan tetapi jika dibandingkan secara tahunan, hasil penjualan tahun 2014 hanya naik menjadi 7,50% dibandingkan tahun 2013 yang naik 54,92%. Ketiga: Pada penelitian ini diperoleh koefesien korelasi sebesar 0,748, artinya hubungan antara biaya promosi dan hasil penjualan termasuk kategori kuat, sedangkan koefesien determinasi sebesar 55,99%, artinya pengaruh biaya promosi terhadap hasil penjualan sebesar 55,99% dan sisanya sebesar 44,01% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak penulis teliti.
Kata Kunci : Biaya Promosi, Hasil Penjualan
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | |
Pengarang | Syaiful Makmun - Personal Name |
Edisi | |
No. Panggil | ESM2015021 |
Subyek | Manajemen Pemasaran |
Klasifikasi | 658.81 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | English |
Penerbit | STIE INABA |
Tahun Terbit | 2015 |
Tempat Terbit | BANDUNG |
Deskripsi Fisik | 21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
Citation