Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011- 2015)
RIAN SYAOQI. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011- 2015) (Di bawah bimbingan: Hj. Erna Herlinawati).
Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan merupakan salah satu bentuk kepedulian sebuah perusahaan terhadap lingkungan. Saat ini CSR bertujuan
untuk memaksimalkan laba tetapi juga dituntut untuk lebih mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan stakeholder-nya. Penerapan CSR tidak lagi dianggap
sebagai cost, melainkan investasi perusahaan, Corporate social responsibility dan profitabilitas dapat digunakan sebagai alat marketing baru bagi perusahaan bila itu
dilaksanakan berkelanjutan, sehingga dapat menaikan harga saham.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif verifikatif. Populasi dari penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang telah Go public dengan populasi sebanyak 14 perusahaan. Berdasarkan pertimbangan homogenitas data, maka sampel yang diambil yaitu perusahaan yang telah listing dan memenuhi kriteria untuk dianalisis yaitu sebanyak 6 perusahaan. Pada penelitian ini data diperoleh dari situs resmi BEI yaitu www.idx.co.id dengan periode penelitian yaitu dari 2011-2015.Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari tahun 2011-2015 diperoleh nilai dari Corporate Social Responsibility yang minimum dalam penelitian ini sebesar 17% sedangkan Corporate Social Responsibility yang maksimum diperoleh adalah sebesar 38%. Profitabilitas (ROE) yang minimum dalam penelitian ini sebesar 8% sedangkan Return On Equity yang maksimum diperoleh adalah sebesar 62%. Harga saham yang minimum dalam penelitian ini sebesar Rp 213 sedangkan Harga Saham yang maksimum diperoleh adalah sebesar Rp 228.340. Hasil pengujian menunjukan bahwa nilai signifikan penelitian untuk Corporate Social Responsibility (X1) adalah 0,539. Dan untuk variabel Profitabilitas (ROE) (X2) adalah 0,000. yang berarti variabel Profitabilitas (ROE) (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Harga Saham. Karena Profitabilitas ( ROE) merupakan rasio antara laba bersih dengan ekuitas pada saham biasa atau tingkat pengembalian investasi pemegang saham (rate of return on stockholder’s investment). Hasil Analisis of Variance (ANOVA atau Uji F), dapat diketahui bahwa nilai sig. dari hasil statistik adalah 0,000, lebih kecil dari pada nilai α (0,05) maka H0 di tolak dimana variabel Corporate Social responsibility dan Profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Harga Saham
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Rian Syaoqi - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
ESM2017081 |
Subyek |
Manajemen Pemasaran
|
Klasifikasi |
658.81 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
STIE INABA |
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
BANDUNG |
Deskripsi Fisik |
21X30 cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2017).Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011- 2015).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd