Detail Cantuman

Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung Cabang Cimahi.

Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung Cabang Cimahi.


ABDUL AZIZ SEPTIANA, Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung Cabang Cimahi (Dibawah Bimbingan :Hj. Hamda Roni.)
Kinerja yang optimal merupakan syarat mutlak terpenuhinya tujuan organisasi. Melalui pemberian motivasi dan lingkungan kerja diharapkan kinerja yang dihasilkan lebih optimal. Peningkatan pemberian motivasi dan lingkungan kerja menjadi salah satu faktor yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan PDAM Tirta Raharja. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisa pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui pengamatan di lapangan, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 36 responden. Pengambilan sampel menggunakan sensus. Untuk mengukur besarnya pengaruh kedua variabel digunakan Analisis Uji Asumsi Klasik, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian dan kesimpulan sebagai berikut : (1) Motivasi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung Cabang Cimahi telah dilaksanakan dengan baik dengan skor 950. Skor tertinggi diperoleh dari pernyataan tentang karyawan saling membantu sesama rekan kerja dapat memotivasi karyawan lain sedangkan skor yang terendah diperoleh tentang membentuk keterampilan. (2) Lingkungan Organisasi PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung Cabang Cimahi termasuk kategori baik dengan skor 1.448. Skor tertinggi diperoleh dari pernyataan tentang ukuran ruang kerja sedangkan skor terendah diperoleh tentang penataan ruang. (3) Kinerja karyawan termasuk kategori baik dengan skor 1.162. Skor tertinggi diperoleh dari pernyataan sumber daya sedangkan skor terendah diperoleh tentang sikap. Hasil perhitungan penelitian diperoleh pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan adalah t hitung sebesar 4.226 dengan sig 000 . Dengan demikian motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan t hitung sebesar 1.697 dengan sig 099. Dengan demikian lingkungan kerja karyawan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan , ini berarti semakin baik motivasi yang ada di perusahaan berdampak pada semakin tinggi kinerja perusahan tersebut. Pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan adalah F sebesar 29.717 dengan sig 0,00 . Dengan demikian motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dan dari perhitungan koefisien determinasi (R2) motivasi dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja 64,3%.

Kata Kunci : Motivasi, Lingkungan Kerja, dan Kinerja Karyawan


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Abdul Aziz Septiana - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2017076
Subyek Manajemen Sumber Daya Manusia
Klasifikasi 658.3
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik


Citation

. (2017).Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung Cabang Cimahi..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd