Detail Cantuman

Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada PT. HM. Sampoerna, Tbk

Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada PT. HM. Sampoerna, Tbk


Adithia Eka Arviandi, Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. HM Sampoerna, Tbk selama periode 2009-2016 ( Di bawah Bimbingan : Riyandi Nur S, Drs, MM).

Perputaran kas dan perputaran piutang adalah komponen modal kerja yang selalu dalam keadaan berputar yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat Return On Assets (ROA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perputaran kas dan perputaran piutang terhadap tingkat Return on assets (ROA) pada PT. HM Sampoerna, Tbk selama periode 2009-2016.
Metode penelitian dalam skripsi ini adalah dengan menggunakan data time series dengan jumlah sampel 8 yaitu dari tahun 2009-2016. Adapun jenis data yang dipakai adalah data sekunder. Data diperoleh dari situs resmi www.sampoerna.com. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji t , uji F dan Uji koefisien determinasi (R2) pada level signifikasi 5% (0,05).
Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan perputaran kas mengalami fluktuasi dan sama-sama mengalami kenaikan dan penurunan, perputaran piutang mengalami fluktuasi dan cenderung mengalami penurunan, sedangkan Return on Asset (ROA) mengalami fluktuasi akan tetapi cenderung mengalami kenaikan. Perputaran kas secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian yang menunjukkan bahwa t hitung< t tabel (-0,689 <-1,943), dengan nilai sig 0,521 nilai sig lebih besar dari nilai probabilias 0,05, atau (0,521 > 0,05). Hasil penelitian perputaran piutang secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian yang menunjukkan bahwat hitung < t table (1,644 <1,943), dengan nilai sig 0,161 nilai sig lebih besar dari nilai probabilias 0,05, atau (0,161 > 0,05).
Perputaran kas dan perputaran piutang secara simultan atau secara bersamasama tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian Uji F yang menunjukkan bahwa F hitung < F table yaitu (1,325 < 5,79) dan tingkat signifikasi yang diperoleh dari tingkat signifikasi Uji F sebesar (0,339 > 0,05). Sementara hasil analisis koefisien determinasi (R square) dengan nilai 35,1%, artinya perputaran kas dan perputaran piutang hanya berpengaruh sebesar 35,1% terhadap tingkat Return On Asset (ROA) sedangkan sisanya sebesar 64,9% dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Return On Assets (ROA)


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Adithia Eka Arviandi - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2017046
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2017).Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada PT. HM. Sampoerna, Tbk.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd