Detail Cantuman

Analisis Persepsi Konsumen Mengenai Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Menggunakan Jasa Angkutan Taksi Blue Bird di Bandung.

Analisis Persepsi Konsumen Mengenai Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Menggunakan Jasa Angkutan Taksi Blue Bird di Bandung.


RIZKA RISMAYANTI. Analisis Persepsi Konsumen Mengenai Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Menggunakan Jasa Angkutan Taksi Blue Bird di Bandung (di bawah bimbingan : Dadan Abdul Aziz Mubarok) PT. Blue Bird Group merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi taksi di Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi adanya penurunan penggunaan jasa angkutan taksi Blue Bird pada tahun 2015 dibandingkan tahun 2014. Hal tersebut terjadi karena adanya persaingan taksi berbasis online yang mulai masuk ke tanah air pada pertengahan tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi harga dan persepsi kualitas pelayanan terhadap proses keputusan pembelian konsumen menggunakan jasa angkutan taksi Blue Bird di Bandung. Untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan, penulis melakukan penelitian terhadap konsumen taksi Blue Bird di Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang disebar kepada seluruh pengguna jasa angkutan taksi Blue Bird. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa : (1) Nilai rata-rata Persepsi Harga menurut tanggapan responden sebesar 3,98 termasuk kategori Baik. (2) Persepsi Kualitas Pelayanan ditetapkan sebesar 4,24 termasuk kategori Sangat Baik. (3) Proses Keputusan Pembelian sebesar 4,02 termasuk kategori Baik. (4) Pengujian analisis persepsi harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen secara parsial menunjukkan nilai t hitung (5,526) < t tabel (1,98), serta nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Maka variabel persepsi harga berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. (5) Pengujian analisis persepsi kualitas pelayanan terhadap proses keputusan pembelian konsumen secara parsial menunjukkan nilai t hitung (4,970) < t tabel (1,98), serta nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Maka variabel persepsi harga berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. (6) hasil pengujian secara simultan menggunakan Nilai F hitung (83,146) > dari nilai F tabel (3,09) maka Ho ditolak, serta nilai signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga ada pengaruh secara simultan dan signifikan variabel persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT Blue Bird Pool secara simultan. Persamaan regresi Y = 0,289 + 0,464 X1 + 0,267 X2 + e artinya persepsi harga, dan persepsi kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Blue Bird Pool. Hasil korelasi diantara ketiga variabel sebesar 0,795 menunjukan hubungan yang kuat dan searah. Pengaruh secara simultan sebesar 62.4% terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Blue Bird Pool, sedangkan sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti, misalnya pengaruh motivasi, variabel promosi, brand image, produk dan lainnya.

Kata Kunci : Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Pelayanan, dan Proses Keputusan Pembelian Konsumen.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rizka Rismayanati - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2017045
Subyek Manajemen Pemasaran
Klasifikasi 658.81
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik


Citation

. (2017).Analisis Persepsi Konsumen Mengenai Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Menggunakan Jasa Angkutan Taksi Blue Bird di Bandung..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd