Detail Cantuman

Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas serta Dampaknya Terhadap Return Saham pada PT Kimia Farma (Persero) Tbk.

Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas serta Dampaknya Terhadap Return Saham pada PT Kimia Farma (Persero) Tbk.


INDAH KARINA, Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas serta Pengaruhnya Terhadap Return Saham pada PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Dibawah Bimbingan : Hj. MA Hamda Roni.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap return saham pada PT Kimia Farma (Persero) Tbk periode 2008-2015. Rasiorasio keuangan tersebut yaitu rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas.
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis sekunder yang diperoleh dari Annual Report. Data yang diperoleh diolah dan dianilisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisi regresi berganda dengan SPSS 22.0 For Windows kemudian dilakukan hipotesis.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan : bahwa korelasi antara rasio Likuiditas (X1) terhadap Return Saham (Y) adalah sebesar 0.301, hal tersebut menunjukan bahwa terdapat korelasi positif yang sangat lemah antara Rasio Likuiditas (X1) terhadap Return Saham (Y), sedangkan pengaruh terhadap Return Saham sangat kecil hanya sebesar 4%. Rasio Solvabilitas (X2) terhadap Return Saham (Y) adalah sebesar 0,402 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat korelasi yang positif yang cukup antara Rasio Solvabilitas (X2) terhadap Return Saham (Y), sedangkan pengaruhnya terhadap Return Saham sangat kecil sebesar 16,16%. Rasio Profitabilitas (X3) terhadap Return Saham (Y) adalah sebesar 0,789 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat korelasi yang positif yang kuat antara Rasio Profitabilitas (X3) terhadap Return Saham (Y), sedangkan pengaruhnya terhadap Return Saham cukup yaitu sebesar 62,25%. Korelasi simultan antara Rasio Likuiditas (X1), Rasio Solvabilitas (X2) dan Rasio Profitabilitas (X3) dengan Return Saham (Y) adalah sebesar 0.980. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat korelasi positif yang kuat antara Rasio Likuiditas (X1), Rasio Solvabilitas (X2) dan Rasio Profitabilitas (X3) terhadap Return Saham (Y), sedangkan pengaruh ketiga variable tersebut terhadap Return Saham adalah sebesar 96,04%. Dari hasil regres berganda Y= -1.615 - 7.7681 X1 + 1.154 X2 + 6.145 X3 Persamaan diatas dapat diartikan sebagai berikut: jika variable Rasio Likuiditas (X1), Rasio Solvabilitas (X2) dan Rasio Profitabilitas (X3) bernilai nol (0), maka nilai variable Return Saham (Y) diperoleh -1.615. Setiap Penamabahan satu satuan variable Rasio Likuiditas (X1) dan variable lainnya konstan, maka akan menurunkan variable Return Saham (Y) sebesar 7,768. Sebaliknya setiap penurunan satu satuan variable Rasio Likuiditas (X1) dan variable lainnya konstan, maka akan meningkatkan variable Return Saham (Y) sebesar 7.768. setiap penambahan satu satuan variable Rasio Solvabilitas (X2) dan variable lainnya konstan, maka akan menaikan nilai variable Return Saham (Y) sebesar 1,154. Sebaliknya setiap penurunan satu satuan variable Rasio Solvabilitas (X2) dan variable lainnya kostan, maka akan menurunkan variable
vi
Return Saham (Y) sebesar 1,154. Setiap penambahan satu satuan variable Rasio Profitabilitas (X3) dan variable lainnya konstan, maka akan menaikan nilai variable Return Saham (Y) sebesar 6,145. Sebaliknya setiap penurunan satu satuan variable Rasio Profitabilitas (X3) dan variable lainnya konstan, maka akan menurunkan variable Return Saham (Y) sebesar 6,145.

Kata Kunci : Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas dan Return Saham


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Indah Karina - Personal Name
Edisi
No. Panggil ESM2017034
Subyek Manajemen Keuangan
Klasifikasi 658.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit STIE INABA
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit BANDUNG
Deskripsi Fisik 21X30 cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
Manajemen Keuangan

Citation

. (2017).Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas serta Dampaknya Terhadap Return Saham pada PT Kimia Farma (Persero) Tbk..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd